Header Ads

Cara merawat baterai laptop

Cara merawat baterai laptop supaya baterai laptop awet dan tidak cepat drop

permasalahan hampir semua pemilik laptop rata-rata pada baterai yang cepet drop/berkurang daya tahan nya
ni aku ambil rangkuman tips merawat baterai laptop dari hasil googling dan forum chip

BATERE!!!! FACT!

1. BAtere sekarang dah terbuat dari lithium-ion based. apalagi notbuk yang baru2 keluar belakangan ini dah pasti lithium. buat liatnya cek ajah di label yang ada di baterenya pasti ada tulisan lithium-ion atau lithium polymer batere.

2. batere sekarang dah ada IC controllernya dimana IC ini fungsinya untuk mengontrol arus, status batere, termometer, circuit breaker, memory untuk menghitung dah berapa kali dicas, dan banyak lagi. Istilah kerennya adalah Smart BAttery. IC ini letaknya di dalam packing batere tsb dan di notbuk itu sendiri juga ada kontrollernya untuk membaca nilai2 yang dibaca oleh IC tsb. Jadi ada sinkronisasi antar notbuk n batere.

3. BAtere notbuk itu terdiri dari beberapa batere yang dirangkai dalam satu susunan (lupa paralel atau seri ), nah batere2 ini disebut dengan cell, klo pas baca soal spek suatu notbuk terkadang disebutin sekian cell battery. Nah kenapa dirangkai? karena ga ada batere lithium yang sanggup ngasih arus -misalkan 9volt- terus menerus seperti yang dibutuhkan oleh notbuk.
JAdi klo ada istilah refill batere yang diganti yah cell batere tsb, dengan cara packing baterenya dibongkar n cell baterenya (klo ada yang cocok n sama) diisiin dengan yang baru.

4. Batere lithium itu ga ada istilah bocor, yang ada rusak karena umur pemakaian. Umur pemakaiannya itungnya bukan dari faktor kadaluarsa tapi dari CHARGE CYCLE. maksudnya hitungannya adalah sudah berapa kali batere tsb dicharge (cas)? baik dicas dari kosong sampe full atau cas dari separoh sampe full atau dicas cuma setengah jam ga sampe full atau apapun yang namanya adaptor dicolok n indikator pengisian batere nyala (sebagai tanda batere sedang dicas) itu dihitung sebagai CHARGE CYCLE.

Jadi bohong klo ada yang bilang batere lithium itu bisa bocor yang ada daya simpannya dah berkurang jadinya kaya bocor. Umumnya CHARGE CYCLE itu bisa tembus 400x cas jadi umur rata2 batere notbuk itu memang 1-2tahunan dengan catatan dicas tiap hari.

5. Batere lithium sangat terpengaruh oleh suhu. Jadi klo suhu baterenya terlalu dngin atau panas, daya simpannya akan berkurang n lama2 bisa rusak . Untuk tau seberapa suhunya silahkan liat manual masing2.

6. Ada 2 macam batere lithium yang umum dipake dibagi berdasarkan jenisnya:
- Lithium Ion: ini yang paling umum dipake dimana2 mulai dari hape sampe notbuk sampe batere bios. biasanya disingkat jadi li-ion.
- Lithium polymer: ini yang paling baru, dimana bentuknya batere itu dalam bentuk pasta baru dipacking dalam satu kemasan tertentu. keunggulannya ada pada karena bentuknya pasta jadi mudah dibentuk n bisa dibikin tipis banget juga sifat chargenya yang lebih lamban tapi lebih maksimal daya simpannya ga seperti li-ion yang cepet berkurang daya simpannya. Sebetulnya hanya perkembangan dari batere lithium ion sajah.

MYTH!!! MITOS!!!
1. Bisa bocor -> sudah disebutkan diatas.

2. Mesti dipake sampe bener2 abis baru dicas, sama seperti batere ni-cad. Ini adalah BOHONG, yang ada pas dicas mesti nungguin dulu beberapa menit sampe indikator cas nyala, karena dayanya bener2 abis jadi ga bisa dicas langsung. Kerugiannya terkadang klo bener2 abis banget malah bisa rusak karena adaptor ga bisa mancing pengisian di batere, sehingga mesti dijumper dengan arus lebih besar (yang pastinya malah rawan rusak karena overvoltage) atau diganti. Cukup dengan dipake sampe kira2 udah hampir abis banget 3-5% baru dicas.

3. Klo batere baru harus dicas dulu semaleman terus dipake sampe abis terus dicas pol berulang2 sampe 2-3x. Ini adalah mitos entah bener ato ga, tapi lebih baik merujuk ke manual instruction notbuk karena terkadang ada manual yang bilang untuk dicas semaleman dan dilakukan prosedur abisin n cas pol selama 2-3x. Ada juga manual yang bilang ga perlu.

4. Pasti bisa direfill. Ini yang sulit untuk dipastiin karena terkadang ada beberapa battery cell yang ga ada di pasaran n kalopun ada ga akan bisa dipake karena ICnya itu yang menghalangi. Menghalangi dalam artian karena ICnya menghitung dah berapa kali dicas akhirnya IC menganggap (walau sudah diganti) klo baterenya dah rusak total jadi ga bisa dicas. Ngakalin hal ini juga sulit karena ga ada standar yang pasti untuk IC tsb.

Hal diatas ini agak2 mirip sama printer dengan tinta suntik yang kadang2 ga bisa ngeprint jadi printernya mesti direset

5. BAtere notbuk ga boleh dicabut dari notbuknya karena bisa rusak. INI SALAH! karena yang ada klo ga dicabut2 tiap kali kita cas tiap kali pula CHARGE CYCLE BERKURANG aka RUGI! karena terkadang chargenya ga bisa penuh mau ga mau dicabut dulu, alhasil umur baterenya memendek.

6. Batere ga boleh dicas semaleman. INI BENER! karena klo dicas semaleman, rangkaian di adaptor bisa rusak atau di batere bisa rusak, karena ketika batere sudah penuh maka pemutus arus akan memutus arus n menahan arus, akibatnya klo dicolok terus2an pemutus arus rusak terutama yang di adaptor karena arusnya gede banget bisa 20volt lebih. begitu juga yang di adaptor.

Selain itu terkadang karena saking SMART-nya IC di batere, klo pas batere dicas pol 100% arus cas berhenti tapi setelah beberapa lama tentu kapasitas batere akan berkurang jadi 99%, nah IC di batere akan perintah untuk cas alhasil Charge Cycle berkurang lagi, coba bayangin klo hal ini terjadi semaleman ^^! rugi kan?

HOW TO USE. PANDUAN PERAWATAN.
1. BACA BUKU PANDUAN/MANUAL/INSTRUCTION MANUAL terlebih dahulu karena buku panduan adalah yang terbaik ^^

2. JAgalah agar charge cycle berkurang sesedikit mungkin. Misalnya klo pas make notbuk di tempat yang ada colokan listrik usahakan untuk make adapator saja. Klo pas di rumah atau kantor bisa juga pake adaptor (klo ada UPS atau stabilizer akan lebih baik). dengan mengurangi pemakaian batere berarti umur batere akan semakin panjang.

3. Klo mau disimpen dalam jangka waktu lebih dari 6 bulanan. Cas batere sampe penuh lalu pake sampe kira2 tinggal 50%, masukkan batere ke kantong kedap udara (klo ada silica gel lebih baik) dan tempatkan di tempat sejuk, gelap dan kering. KLo disimpan lebih dari 1 bulan tapi kurang dari 6 bulan, cukup dengan menyimpannya di tempat yang sejuk, gelap dan kering. SEJUK bukan berarti freezer yah bisa ajah berarti ruangan sejuk sekitar 24 derajat celcius.

4. Hati2 dengan seringnya mencabut n memasang batere di notbuk karena terkadang ada beberapa notbuk yang engsel atau mekanisme pengunci baterenya mudah rusak. jadi solusinya berhati2lah.

5. Jangan main2 dengan batere seperti dipake untuk keperluan lain misalnya untuk senter atau dll, karena daya simpannya batere cukup besar, buktinya notbuk dell ajah bisa tinggal nama ^^ pas kejadian tahun kemarin sony menarik batere buatannya dimana2.

6. Kalau batere menunjukkan tanda2:
- kemampuan menyalakan notbuknya dah ga selama seperti dulu
- batere dicas ga penuh2
- batere dah agak melendung dikit

Berarti batere dah rusak n perlu diganti, atau klo memang bisa direfill silahkan direfill dengan resiko ndiri ^^


tambahan juga
Charger generasi baru sudah punya mekanisme STOP charging yang berarti arus yang lewat bener2 diputus (bukan ditahan). Ga tau kalo charger jaman kuno. Kalo mau bukti, charge aja notebook terus (atau ponsel juga boleh). Saat baterai kosong, pasti charger akan hangat karena ada arus yang lewat. Tapi saat baterai sudah penuh, charger akan dingin karena sudah menghentikan proses charging completely. Gue sendiri selalu nge-charge hp dan baterai AA gue overnight koq (padahal charger AA gue merek GP yang fast charger 1 jam aja hehehe). Kalo uda penuh, rata2 merek bener2 completely stop nge-charge dan buktinya adalah chargernya pun akan dingin karena sudah tidak bekerja lagi.


tambahan lagi...bisa install notebook hardware control.
buat melihat wear level baterai dan suhu proc serta hardisk
bisa di download disini http://www.pbus-167.com/

12 comments:

  1. Keren Bro postingannya...
    saya emang gak setuju ama mitos2 yang sering beredar tentang batre yg harus dicoopot ketika kita nyolokin laptop ke AC power,ini kan jaman udah maju, masa para ahli elektro gak bisa ngatasin hal2 yg kecil kya gitu :D
    bagus ni artikelnya
    tadinya mau saya COpas, tapi males, jadi saya kasih linknya aja ke sini....

    http://triubaya.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. izin bookmark gan, tutorialnya very2 usefull, thanks gan, ijo2 klik dimane nih? ;))

    ReplyDelete
  3. tenghy pren. nanya neh. gimana kalo laptop mo kita pake berjam jam. lebih bagus man. charger dicopot saat batre penuh. pasang lagi saat hampir habis. copot lagi saaqt penuh.........ato..pasang aja terus menerus berjam jam sampe kerjaan slese baru copot. tengyu

    iman supriyono
    www.snfconsulting.com

    ReplyDelete
  4. @iman kalo laptop2 baru sekarang mekanisme nya dah auto stop charging waktu baterai full(bisa di cek waktu batere full pegang batere nya..tidak akan panas)..jadi sebisa mungkin jangan pasang copot batere..
    kecuali laptop nya mo nyala 5-7 hari terus-terusan..

    ReplyDelete
  5. infonya bagus n bermanffaat,tp aq blm punya laptop :O he he he :D

    ReplyDelete
  6. nanya bro,caranya untuk mematikan indikator batere yang nyala terus gimana ya, walaupun sudah di colok ke power tapi indikatornya terus berkedip merah-hijau, apa karena saya pernah maksain sampe tinggal 1 % baru saya charge,kejadian baru kemarin siih, advice nya ditunggu yah bro..

    ReplyDelete
  7. boss mo nanya nie ?...sebetul ny maximall cass itu berp jam see?...:(dan kekautan nya pun brp lm dri batrey full?...sy tunggu penjelasan di email ku....andriyansah36@yahoo.com

    ReplyDelete
  8. selama masih ada yg jual batrenya geberrr terusss nggak masalah, yg jadi masalah klo udah kga ada yg jual batrenya...baru dech tuch diawet2 batrenya...

    ReplyDelete
  9. Do charge the battery often. The battery lasts longer with partial rather than full discharges.

    Do not use if pack gets hot during charge. Check also charger.

    Charge methods: Constant voltage to 4.20V/cell (typical). No trickle-charge when full. Li-ion may remain in the charger (no memory). Battery must remain cool. No fast-charge possible.



    dapat dari situs http://batteryuniversity.com/partone-21.htm


    intinya sih dari yang saya tangkap info tersebut dan juga dari searching-searching pengalaman orang banyak adalah :
    - lebih baik untuk tetap memasang baterai pada laptop..
    - kalau ada sumber listrik,,adaptor listrik segera difungsikan,walaupun baterai masih 100%. Jadi laptop berada dalam keadaan pake baterai yang full dan pake colokan listrik...(dalam kondisi ini, laptop generasi baru akan menggunakan sumber listrik langsung dari adapator,,bukan dari baterai...)


    cara tersebut diatas lebih aman dan lebih awet untuk baterai dan laptopnya sendiri,,,untuk kondisi pemakaian sehari-hari yang notabenenya si laptop pasti ada masa untuk istirahatnya,tidak dipakai terus menerus selama 24 jam 7 hari nonstop...

    ReplyDelete

Powered by Blogger.