Noufalz
Daily blog wong solo

merubah/menambah port default SSH

Labels: , ,
aku masih inget dulu pusing banget cari cara buat ngerubah port default ssh yg 22 ke port tertentu yang kita mau
tips ini hanya buat yang belum tau cara merubah port default ssh.buat yang sudah master..mohon dikoreksi jika ada kesalahan dalam tips saya ini.

buat yang mempunyai server dan akses SSH ..ingin merubah atau menambah port default SSH yg 22

menjadi misal port 443 atau 1234 atau berapa aja
cara nya cukup mudah dan simple...edit file sshd config
cara nya login sebagai root di server kita
lalu liat proses yang berjalan di server kita
dengan mengetikkan netstat -ntulp
server1 ~:netstat -ntulp
liat apakah port yang mau kita pake buat port di ssh sedang dipake/sudah dipake oleh aplikasi lain di server kita...jika sudah dipake..bisa kita kill prosess nya
jika memang port nya belum dipake..lanjut dengan
server1: nano /etc/ssh/sshd_config
# The strategy used for options in the default sshd_config shipped with
# OpenSSH is to specify options with their default value where
# possible, but leave them commented. Uncommented options change a
# default value.
Port 22
Port 12345

misal contoh diatas aku menambahkan port 12345 di ssh ku
selain port default yg 22...
save dan exit..
jalankan command netstat -ntulp lagi..pastikan port 12345(misal) listen ke sshd
perubahan port SSH selain bisa mencegah bruteforce attack SSH...juga bisa dijadiin trik buat internet gratis ;))..kata nya sih...aku jg ga tau :ngacir:


17 comments:

waduh....ke empaxxx neh :p
masta-masta...makasih dah mampir kemari :D


Klimaxx...
Nice tips Bang... Tengkyu 4 the very useful info.. :)


kebagian keena..maxx ... :D
ngicip ilmunya masta nopal
belajar nguprex ssh...:)


ijin menzazal bang nopalz.... :x :x

:2jempol:


;)) =)) asyik ... berhasil nambah port... thanks yah


gw udah ganti portnya kok tidak bs connect yach! blgnya error di file ssh_config


maaf mas ...bisa minta bantuan gk
tolong donk kirimin paket2 yang di butuh kan untuk membuat server vpn....atau gak tolong kirimin link downloadnya..
tolong kirim ke email : khindaichi@gmail.com
terimah kasih atas bantuannya


Om NOufalz...minta tolong ajarin gmana caranya cek user atau mengontrol user yg aktif/sedang login di server VPS kita, OS nya pake centos. maksih Om...krim ke emailku yah: com.shahab@yahoo.co.id

Makasih Om atas pertolongannya


kunjungi blog kami dan dapatkan info ratusan RUMAH DIJUAL murah


Post a Comment

Artikel pada kategori yang sama

CHAT


ShoutMix chat widget

Popular Posts


Followers

Recent Posts

Recent Comments