Noufalz
Daily blog wong solo

Tutorial aktifkan GPS sierra 881u

tutorial aktifkan GPS sierra 881u ini postingan dari temen deket ku
adhi_undip yang di post di forum cyberphreaking
tutorial aktifkan GPS sierra 881u original klik sini
sengaja aku copas di sini.karena tutorial ini bermanfaat buat yang ingin modem sierra 881u nya support GPS

apa itu GPS?

GPS adalah ‘Global Positioning System’, yang dimana ia adalah suatu sistem navigasi yang berdasarkan satelit dan dikembangkan oleh DoD (Department of Defense) nya Amerika. GPS dapat memberikan posisi dari suatu lokasi user dimanapun di bumi ini.
Untuk dapat menerapkan sistem GPS ini maka ianya terbagi kepada 3 segmen, yaitu:

1.User Segment

Yang termasuk kedalam segmen ini adalah user yang menggunakan GPS receiver. GPS Receiver sendiri terdiri atas berbagai teknologi dan aplikasi yang berbeda-beda. GPS receiver inilah yang akan mengkalkulasikan posisi dari sesuatu bend/orang/apapun yang kita cari, dan akurasi ketepatannya sekitar 10m.

2. Space Segment

Nah inilah bagian yang terpenting, yaitu bagian yang terdiri dari 24 satelit. Satelit-satelit tersebut terletak pada ketinggian 20200 km, yaitu pada altitude orbit. Dan kenapa terletak demikian jauh? itu merupakan jarak yang tepat kalau memperhitungkan dari segi matematika, gangguan atmosfer, dan jangkauan wilayah satelit tersebut di bumi.

GPS satelit tadi (24 buah tersebut) adalah milik US, kalau milik Rusia namanya GLONASS (ada 24 satelit), dan ada juga yang bernama GALILEO (satelit milik eropa). Selain daripada GPS, kedua kumpulan satelit lainnya jarang digunakan (atau belum) karena agak sukar untuk mengoperasikan dan menjaganya.

3. Control Segment

Yang dimaksud dengan ‘control segment’ ini adalah stasiun kontrol di bumi. Dan ia berfungsi untuk memantau posisi dari satelit-satelit tersebut.

Aplikasi GPS

Aplikasi GPS dapat dibagi kepada 5 kategori, yaitu:
Aplikasi untuk di darat (Land Applications)
Aplikasi untuk di laut (Marine Applications)
Aplikasi untuk militer (Military Applications)
Aplikasi untuk di udara (Air Applications)
Aplikasi ringan (Recreation Application)
sumber dari  http://adityawirawan.net

dan ini tutorial cara update modem siera 881u supaya support GPS

1. update firmware sierra kalian, klo masih versi 1.x.x.x...
- download firmware terbaru sierra di sini
- lepaskan simcard anda
- pastikan supply dalam keadaan cukup. jika menggunakan laptop, sebaiknya dipasang baterenya untuk menghindari jika terjadi lampu mati
- jika menggunakan kompi dekstop, pastikan menggunakan UPS menghindari terjadinya mati lampu, menghindari terjadinya kegagalan saat proses upgrade firmware
- jalankan firmware, lalu tunggu sejenak.

2. dunlut versi 3G watcher yg lams ke seri MP/GPS. klik di sini

3. dunlut garmin map di sini

4. dunlut peta navigasi indonesia terbaru di sini

5. install 3G MP, garmin map...lalu padA peta navigasi, copy GMAPSUPP.img ke folder C:\GarminMobilePC sebagai default instaler.

6. klik tools >> display GPS pada 3G watcher, lalu Tekan tanda Play di tengah untuk mulai nyari satellites. Tunggu aja bentar. Kalo process gagal (Failure), tekan tanda pause trus play lagi buat mengulang process pencarian lagi. Kalo udah sukses bakal keliatan “Got position fix at … ( x satellites) maka akan muncul seperti ini
7. jalanin garmin mobile pc programnya trus click logo satelit yg di kanan atas trus pencent "scan gps device" tuk ngedetect 881u gpsnya sambil nunggu satelit di lock

ini hasil nya


many many thanks buat adhi_undip...bagus dan jelas banget tutorial aktifkan GPS sierra 881u nya
update tutorial komplit enable GPS sierra 881u
di dalam firmware itu ada tools yg namanya Enable_GPS_CAT5.exe. di mana klo kita upgrade langsung ter-unlock secara otomatis.....
coba extrak firmware tersebut lalu lihat di dalamnya ada file tersebut atau tidak
klo update sukses, harusnya ada port baru:
Sierra Wireless NMEA Port (UMTS)(COMx)

cendol send deh.dikaskus n CP ;))


73 comments:

om harga sierra 881u sekarang berapa? jadi pengen beli om


hayaaahhh.... jadi nyesel abis beli option icon... :((


wew.aku juga mo pesen 881u lagi malahan..buat dirumah..;))


Ni bukan tutor cara aktifin GPS-nya kali,,, ni Tutor cuma buat cara pake GPS-nya kalo udah di enable,,,

Kalo ada cara buat supaya GPS nya langsung enable baru dah keren,,,


udah install smua sesuai prosedur, tp pas scan d garmin ga bisa2 alias lama ga detect2 dan jalanin GPS di 3g watcher keluar "Session started, waiting for fix..."
kalo baca di kaskus thread :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=1155572&highlight=sierra+881U+GPS&page=2
GPS feature di modem blm di enable-in...

so, gmn cara mengatasi masalah ini.
saya beli modem d pusatmodem.com takutnya dari awal udah di-disable untuk GPS feature tsb

trim, mohon bantuannya


875u bisa gak boss ... ( di upgrade ke firmware nya itu (881u)) ...
makasih


@junjungpurba wah mas mampir sini juga :D
btw pake modem apa mas dirumah?
@yommi.cara meng enable kan dengan mengupdate firmware sierra 881u...


^^\

sudah mas, saya dah up date firmware dari link di atas

knp yah?pas udah instal garmin, yg nongol di drive C:garmin tok!kalo dr tutorialkan C:garminMobilePC jd copas GMAPSUPP.img ke folder yg mana yah.soalnya difolder C:garmin cuman ada folder USB, apa ada yg salah dgn instalasi garminnya?


itu untuk enable gpsnya
cuman dr upgrade firmware uda enable toh?


mas, link garmin (langkah 3) expired tuh...
Ada kah yg baru?


tutorial dah diupdate...lebih komplit....;)


bos setelah update firmware itu ... perlu di extract lagi gak firmware nya untuk install Enable_GPS_CAT5.exe , atau ketika kita upgrade firmware sudah otomatis Enable_GPS_CAT5.exe nya terinstall

sebelumnya thx berat bos , dah ngasih tutorial ini :X


thanks bos dah dishare infone
sangat berguna dan membantu
dah q praktekin smuane dan sukses
tinggal test jalan pake laptop
coz ne masih pake dekstop jadi gak dapet sinyal satelit:D


Sip Boz...tapi masih takut apgret sendiri...takut bangget :D


langsung pesen..........:D,makasih byk tutonya bro...........,mantab,,,,,,,,,,,,


kalo beli di sierra.we.id...ada optional tuh..buat aktifin GPS...
bahkan ada optional...utk masa garansi...
aneh ya..garansi kok bayar . jangan2..kalo garansi 3 bulan...barang nya bekas pake orang.hahahaha


Kalau udah ngikutin cara-cara diatas dan ada pesan "Session started, waiting for fix...", itu berarti sinyal GPS dari satelit ngga ketangkep sama modemnya....saya juga kejadian, eh pas modemnya dibawa keluar rumah bisa deh he he...


Thx a lot! :D


mangtap broooo.... link2nya dah tak donlot mua lancar, coba upgrade firmware 811u ehhh malah dah include enable gps-nya, upgrade 3g watchernya jalan, trus app garminnya juga jalan. soo tinggal kita pilih aja mo pake garmin apa pake 3gwatcher sama aja, cukup disesuwain ama kbutuhan....


thanks, sharing map indonya soalnya aku dunlut yang lama ga mau konek sama versi 500.50 .sementar pakai external gps dulu sambil "ngincer"sieranyahttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/100.gif
http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/100.gif


om falz, kalo huawe bisa gak yah ;))


Saya coba update firmware nya tapi kok keluar error.. "error custimizing modem: 2 "
please help


wekekeke.... Yang PCMCIA lum berhasil nih.....


emagn yg pcmcia ada gps chipsetnya juga ?

btw chipset nya pake merk and tipe apa ya ?


maaf mo tanya kalo type 875U di update firmwire nya bs dpt gps nya ga..maaf ngulang pertanyaan di atas tu^^..

thx..

NB:need's comment


Bos, Mohon bantuannnya dung:

saya beli S 881 U tanpa fungsi enable GPS dari tokonya..
Kemudian saya udah Update FW-nya bwt unlock GPS..
Saya berhasil meng-unlocknya, didasarkan pada dah adanya port “Sierra Wireless NMEA Port (UMTS)” device managernya

Saya jugaupgrade 3G Watcher ke R3.0.0.4 Build 1788 (MP)

Sampe disini kok saya blm bias ngaktifin GPSnya yah
Muncul pesan "Session started, waiting for fix..." dan udah saya ulang2


bro koq ga isa gps-nya ya? "session strated...bla..bla.."


dah bisa bro.. Cihuyyyy....


Guest said

sorry bos
3g watchernya udah jalan,,,,,mangtap
tapi ko garminnya gabisa ya?????
udah bikin SW.UNL di garminmobilepc
tapi ko katanya klo mo pk device non garmin
tetep harus aktivasi ya.
tolong bantuannya ya


asyik, GPS gw uda jalan .xixixixixi
makasih pal :D


Step no. 3 napa ga bisa yah??? seperti presan dibawah............

Error
You want to download the following file:
http://rapidshare.com/files/155627599/grmpcmbl5.00.50.zip | 152147 KB

Your IP address xxx.yy.vv.xx is already downloading a file. Please wait until the download is completed.

Premium members can download any number of files simultaneously. Become a Premium member now. The download will be available shortly.

Saya coba donlot dr garmin langsung GarminMobilePC_50050.exe dan coba install main.msi dan setup.exe

trus exucete garmin mobilePC tp layarnya blnk.

ada yg bisa bantu


oh ya 881 PCMCIA gw dah bisa nangkep GPS dah dapet posisi "Got position fix .....(5 satelit)"


bos link download soft warenya di lokalin aja donk di indowebster soalnya rada ngap ngap an klo download di rapid thx sebelumnya

mohon batuan link nya kirim mail ke quadroxt@gmail.com


Peta navigasi Indonesia nya koq gw gak bisa download ya? Page error terus nih


boz, udh install smua ssuai prosedur, Tp pas ditekan "Play"nya. Koneksi bentar...lngsng diskonek lg..dgn (indosatM2)..Knp bisa ya bos?? apa ada settingan khusus?? Please help, org jauh nich bos..dr Makassar, tolong ya boss..Thankx berat..!!!


"Session started, waiting for fix", sekedar info. Klo slalu ktemu ma yg kyk gt..coba bw kluar pc (notebookx)entah diteras rmh..pokokx yg lbh terbuka. Tadix gw jg gt..Pnasaran, pas dbawa keteras rmh..langsung deh konek ma satelit..GPS jln..mantap..MakNyozz..cobain decH. Thankx Bro Noufalz


WIS TAK COBA BOLAK BALIK RA ISO MAS.....
file dari garmin, 3g watcher mp, dan dari navigasi net sudah didownload.
#1. install main.msi gagal.....muncul doc-1\admin-1\temp\rar$D112.5227\Disk1.cab. verify that the file exists and that you can access it

#2. aku minta tolong yo...carane piye ben iso...ndasku ngelu............


dunlut garmin map di sini
gak bisa di download bos


bos kalo untuk jadi 7.2 Mbps.
Update firmwarenya aja bisa g ya??


Punya saya seri 880, setahu saya menurut sierrawireless.com perbedaan seri 880 dan 881 adalah optimize coverage networknya, seri 880 utk Eropa dan Asia, sedangkan 881 utk North America.


Pertanyaannya :
1. Apakah aman utk seri 880 di-upgrade firmwarenya memakai firmware 881 ?
2. Ada yang sudah mencoba dan berhasilkah ?

Thx..


Tenkyu, GPS 881u ane sekarang dah aktip :D
Tapi ada yang tau mendisable hsupa nya ngga ? saya pengen hsdpa aja yang aktif, soalnya waktu di test bandwidth, download cuman 50kbps tapi klo upload bisa ampe 1250 kbps ...ape dehh..
kita browsing-browsing kan pake yg downlink nya.


thanks..


^^ mungkin speedtest nya yang error..lebih baik mempercayakan pada real download..daripada ke speedtest begitu..dan kita ga mungkin mendisable uplink..karena tiap koneksi membutuhkan uplink/request untuk dapat berkomunikasi 2 arah dengan website..


Kalo 881 PCMCIA gimana bro? bisa GPS?


bisa kok pcmcia 881u...waktu milih device gps.
pilih yg serial..jgn ys usb :D


bro's, ada yang punya firmwarenya 881u yang buat gps ga?:o soalnya berkali2 gua coba unduh lwt link diatas ga bisa2... "Bad Request" mlulu...:| kalo ada tolong di upload dong di indowebster aja, biar kalo ada yang butuh jg bisa tinggal download...:) trims...


http://www.sierrawireless.com/resources/software/watcher/Build1986/Watcher_Generic.msi

Itu udh enable gps nya... donlod situ aja bro


boss..klo express card AC880e udah GPS blm yah?
ada yang tau cara unlock gpsnya ga ?
thanks


every way i have done ..but the play displa allways aid could not start session


Weh.....keren....wes nduwe blog rek arek'e....
Selamet...selamet yo fals.....


akhirnya aktif juga gps nya, tapi masih ad masalah waktu mw search satelite, ane di kudus bos, ad yang mw share ?? di kudus bisa dapet sinyal nya gk???? :f


MODEM SIERRA 881U 720REBUU!!
SIAPA YANG MAU ??
STOCK TERBATAS
HUB.02746834395


tolongin gue dong... gue punya sierra 881u, tpi blm ad gpsnya, & gue udah coba tuk dowload yang di atas tapi g bisa jg, please help, gue di bali........dhika


gue punya sierra 881u, tapi ga ada gpsnya tolongin gue gmana caranya secara detail dong....


tulunk dunk, gps 881u ku selalu session failure pdhl firmware sudah kucheck versi anyar dan 3g watcher juga yang anyar, tulunk gimana lagi caaranya????????


kok saia

Session started, waiting for fix ....

gitu mulu yah ..... :((


Mau Sierra 881U New+sdh Unlock GPS+Garmin+Tinggl Instal dan ikuti Cara Instal+tinggal menikmati+ apa lagi ya....
Pokoknya Siiip dah ga Pake Susah..^_^
Tinggl Call/sms ke 02746545904
Dijamin Ga Kecewa Pak/Bu..


bang noufalz, kok navigasi.net gak bisa dibuka ya?


O, navigasi.net dah bisa ding...hihihihi Tengkyu2.. :))


barusan nyari-nyari di indowebster dapet link buat garmin mobile pc-nya yang 5.00.50. akhirnya bisa juga modem gw jadi gps he..he....

http://www.indowebster.com/garmin_mobile_50050.html


kalo sierra c885 apa pake 3G watcher versi MP juga atau pake 3G watcher c885 updated Version 1.0.1.26 ya...gua lagi ngumpulin keberanian neeh..masalanya formware yg lama dah running well..takutnya ancurrr..:D


Saya sudah instal semuanya, untuk 3g watchernya bisa berfungsi bisa connect ke satelit, tapi untuk GMPC tidak bisa di run?? Mohon bantuannya. Thanx


Saya kurang mengerti mengenai garmin ini. Saya udah selesai download yg garmin pertama tp tidak ada save file nya.. yg ada disuruh klik lanjutin download file lagi... dan saya udah test GPS modem sierra saya sesudah download.. Tapi hasilnya belum bisa.. apa ada yg kurang dari hasil download saya?? ada yg bs krm file yg sudah siap di download ke email saya?? suyanto_wong@yahoo.co.id
Trims atas bantuan teman2 semuanya..


seri yang 885U bisa ngga ya GPS dan Voice?


udah bisa gpsnya....
tp kok di garminnya nda muncul peta yah??
cuman ada tulisan "\\.\COM12 smvcomm3"
padahal udah copas xxx.img n udah bikin sw.unl
tp kok gambar mapnya nda muncul yo??


klo sierra 885 bisa ga boss??udah enable chip GPS nya belum..saya mau udah coba pake 3G watcher tp ga keluar display GPS nya..gimana yah??


Buat yang butuh sierra 881U silahkan mampir ke www.duniamodem.com harganya cuma 399ribu

tq


thanks for your insformation..
succes for you..
you can visit me in.
click this


a nice post. thanks for this sharing.its useful to us/
im also have some post about Computer Shares. please visit that my simple web :).
thanks


Thank you for such an honest and informative post! This is the first time I've stumbled upon your blog, and I am so happy that I did.Online Travel Agencies


Post a Comment

Artikel pada kategori yang sama

CHAT


ShoutMix chat widget

Popular Posts


Followers

Recent Posts

Recent Comments