Noufalz
Daily blog wong solo

Tutorial SSH tunneling with tunnelier

Labels: ,
SSH tunneling apa itu?SSH singkatan dari secure shell

SSH sering digunakan sebagai remote login sebagai pengganti telnet yang keamanan nya dianggap kurang secure karena data yang lewat telnet tidak terencript atau melalui plain text sehingga bisa di baca langsung oleh mata kita

beda dengan SSH yang data masuknya terencript.sehingga aman dari serangan packet sniffing(walau ga 100%aman)

SSH tunneling bisa dibilang sebuah trik untuk menembus berbagai macam firewall ataupun proxy.dengan cara penerusan port(tunneling) tcp dan koneksi X11 .dengan syarat port yg kita gunakan untuk melakukan SSH tunnel tidak di blok oleh ISP atau admin jaringan di kantor.

contoh kasus

1.admin di kantor tidak membolehkan kita chat/ym an

2.admin/isp membatasi/memblock situs-situs tertentu

3.tidak diperbolehkan mendownload file berekstensi tertentu misal.exe atau.avi ;))


disini lah fungsi SSH tunneling kita manfaatkan untuk membypass/membuka proteksi seperti contoh diatas.

jika biasa nya aplikasi SSH buat windows yang terkenal adalah Putty

kali ini aku akan membahas SSH tunneling dengan menggunakan tunnelier sebagai pengganti putty.

kelebihan tunnelier di banding putty

-mudah di configurasi.

-di tunnelier ada fitur autoreconnect yang sangat bermaanfaat jika koneksi kita terputus tanpa sengaja.
-dan bisa save password..tidak seperti putty yang harus mengetikan password setiap mau konek


1.download tunnelier  gratis
http://www.bitvise.com/tunnelier


2.install dan klik doble pada tunnelier

3.liat screen shot dibawah..aku sertakan cara setting tunnelier

pada tab login isi host dan port dari SSH yang kita punya
pada bagian proxy setting isi proxy dan port jika koneksi kita memalui proxy/ no direct
fitur autoreconnect set dari option di tunnelier
always reconnect automatically dipilih
first connection timeout = waktu tunggu sebelum tunnelier melakukan auto reconnect..kalo aku set ke 3
pada tab services centang enable
isikan dengan 127.0.0.1 port 1080
jangan lupa disave settingan kita..memalui save as ..kasih nama misal gratis isat :p
lalu klik login..perhatikan log di tunnelier...

4.setting di browser kita

set Sock Hosts dengan : 127.0.0.1 dan port 1080

lainnya kosongkan saja..hanya sock yang diisi .biasa nya sock 5

5.buka cmyip.com

liat jika ip kita sudah berubah maka kita telah berhasil melakukan ssh tunneling dengan tunnelier

NB :mohon maap upload nya pake gambar gif..karena koneksi upload disini sangat parah :(..
maklum gprs mode = on..gratisan lagi :D
lain waktu akan dibahas mengenai remote desktop menggunakan tunnelier atau putty


30 comments:

sekali lagi makasih mas.saya nemu banyak sekali hal baru dari blog mas.semoga tutorial begini makin banyak mas.


mantap mas...the spirit of sharing nih...two thumbs up for you deh....:)


mas noufalz... mau tanya nih... kalo gabungin ama IDM gimana ya...??? masih bingung...??? thank's


@lightx add IDM di proxyfier proxification rules..
klo masih ga bisa....ganti Pke flashget yang support sock proxy ..karena idm ga support sock proxy


mau nambahin, mungkin IDM nya bisa lewat proxyfier yg dilistening dari sock tunnelier :D


Mas SSH ini bisa buat Flash gretong gak???
Thank's 4 sharing...


kayaknya buat flash bisa tuh...
tapi aq gak tahu caranya... ada yg tahu???


bisa aja sich ssh-nya bos tapi kudu lewat yf dulu. kalo ada yg direct aja, widiiih ... indah bener.


ni yg ane cr..
ijin nyicipi masta nopal..
belajar...belajar...


ane kok tunneliernya ga berfungsi..apa ada yg salah disettingannya..help me..


Ditunggu tutorial remote desktop lewat SSH tunelingnya Mas..


mas klo 403 forbidden itu yang kurang settingan yang mana ya? tak ubek2 belom ketemu juga~x(..help pliss:(


kok kalo di set di browswer sock5 127.0.0.1 : 1080 gak mau konek browser nya bang falz..
kalo di kasih jamu lagi baru jalan...!!
apa masih ada yang salah...ya


pke proxy yu..di settingan tunnel putty/tunnelier


bisa kok pake trick ini... lumayanlah bisa ngenet hsdpa.. Di tunggu vpn nya pak guru...


masih bingung om,..
saya kan ada server yang bisa di remot via ssh.. port 22.. itu bisa di pake bitvise buat di tanel gak??
kalo remot sih udah bisa pake vnc..
mohon bimbingannya om falz...

-riezno-


cari username pasword dmn mas???


bang, sshnya tak kasi kue tapi buat donlot pake idm ga isa ya ? (kurang lebih pesen idm jangan pake kuelah) maaf ga isa boso londdho


@kaihansen : Gw nemu tuh tutorial remote desktop via ssh tunnel. Silahkan dibaca ndiri ya disini

http://newbiekid.com/2009/03/31/connect-rdp-via-ssh-tunnel/


makasih bang boufalz... maknyus tenan skrg ssh_nya


bung noufals...saya dah install winsshd & tunnelier...kalau pada local komputer bisa jalan tunneliernya tapi kalo dah pindah di komputer lain dalam jaringan ga bisa connect kenapa ya


pada tab login host danp port di isi apa mas noufalz?trus username sama pasword diisi apaan mas?
tengkyu.....


password_te opo mas..????


register accnya aja dulu bro diwebnya, pake negara USA jgn Indo ntar dak diaprovloh.. hehe..


eh...ni bner2 gratis ap g?gw pke modem hp


Bos noufalz mo nanya kalo penerapannya di PDA (OMNIA) bisa gak diganti dgn zaTunnel trus ada setting yang harus dirubah lagi?

Mohon pencerahannya


alhamdulillah sudah bisa konek lewat tunnelier tapi buat download dengan IDM masih belum berhasil


sya masih bingung masukan HOSTnya nih kasih contoh doong


Mantaps bang Noufals....NIh yg ane cari2 dari kemaren...


Excellent article. Keep posting such kind of information on your
blog. Im really impressed by it.
Hi there, You have done an excellent job. I'll defnitely digg
it and in my view recommend to my friends. I'm confident they will be benefited from this site.



Feel free to visit myy blog post - Las Vegas Kenmore Repair


Post a Comment

Artikel pada kategori yang sama

CHAT


ShoutMix chat widget

Popular Posts


Followers

Recent Posts

Recent Comments